Peningkatan Keterampilan Guru Matematika SMP dalam Pengelolaan Distance Learning Sebagai Perluasan Ragam Pembelajaran di Kabupaten Jember

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Pandemik Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 telah berdampak secara signifikan pada semua bidang, salah satunya bidang pendidikan. Guru tidak lagi bisa melakukan proses pembelajaran secara tatap muka di kelas. Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat melakukan proses belajar mengajar secara daring. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola distance learning menggunakan Moodle. Rangkaian kegiatan diawali dengan proses instalasi moodle, proses perancangan pembelajaran, pembuatan konten, pembuatan forum interaksi, serta manajemen pengelolaan (desain, fitur, dan lain-lain) serta evaluasi. Peserta pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru Matematika SMP yang tergabung dalam MGMP Matematika wilayah barat Kabupaten Jember sebanyak 30 orang dan semuanya dapat mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir. Selain itu, peserta mampu membuat dan mengembangkan e-learning beserta kontennya menggunakan Moodle. Lebih lanjut diperolah peningkatan ketrampilan dan pengetahuan guru dalam mengelola distance learning menggunakan Moodle sebesar 33,09 %.
Original languageIndonesian
Article number02
Pages (from-to)190-196
Number of pages7
JournalJurnal Abadimas Adi Buana
Volume5
Publication statusPublished - 28 Jan 2022

Cite this