Pengaruh Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien

Ratna Dwi Wulandari, Ilham Akhsanu Ridho, Stefanus Supriyanto, M. Bagus Qomaruddin, Nyoman Anita Damayanti, Agung Dwi Laksono, Alida Nella Fedelina Rassa

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Sejak diberlakukannya kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), seluruh puskesmas di Indonesia wajib mengikuti akreditasi. Melalui akreditasi, diharapkan kualitas pelayanan puskesmas semakin meningkat, salah satu diantaranya dapat dilihat dari peningkatan kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh akreditasi terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancang bangun cross-sectional, yang dilakukan kepada 90 pasien puskesmas yang pernah berkunjung ke puskesmas sebelum dan sesudah akreditasi. Sampel diambil secara accidental sampai memenuhi kuota yang ditetapkan untuk tiap puskesmas. Uji Paired-Sample T Test dilakukan untuk melihat signifikansi perbedaan skor kepuasan sebelum dengan sesudah akreditasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan skor kepuasan yang signifkan antara sebelum dengan sesudah akreditasi untuk dimensi mutu responsiveness, credibility, competence, communication, security, access, courtesy, understanding customer dan tangibles. Dimensi reliability tidak ditemukan perbedaan yang signifikan. Sedangkan khusus untuk dimensi understanding cutomer terjadi penurunan skor kepuasan sesudah akreditasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa akreditasi berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Oleh karena itu, penting bagi puskesmas memperbaiki sistem pelayanannya terutama terkait dengan pemenuhan janji layanan yang telah ditetapkan sebagai sasaran mutu. Penyebaran informasi kepada masyarakat harus ditingkatkan, agar masyarakat menjadi mengetahui adanya akreditasi yang dijalankan oleh puskesmas.
Original languageEnglish
Pages (from-to)228-236
Number of pages9
JournalMedia Kesehatan Masyarakat Indonesia
Volume15
Issue number3
DOIs
Publication statusPublished - 2019

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Pengaruh Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this