Personal profile

Personal profile

Prof. Dr. Nur Basuki Minarno, S.H., M.Hum., merupakan Guru Besar Hukum Pidana di Fakultas Hukum Universitas Airlangga. Ia telah aktif mengajar di Fakultas Hukum Universitas Airlangga sejak tahun 1989. Prof. Nur lulus dan mendapatkan gelar sarjana di Fakultas Hukum Universitas Airlangga pada tahun 1987. Kemudian, ia melanjutkan studinya di Program Pascasarjana Universitas Diponegoro dan lulus pada tahun 1994. Prof. Nur kemudian menempuh pendidikan doktoral di Program Pascasarjana Universitas Airlangga pada tahun 2006. Atas pengabdiannya di dunia pendidikan, ia kemudian dikukuhkan sebagai guru besar. 

Bidang keahlian Prof. Nur adalah hukum pidana, hukum acara pidana, dan hukum tindak pidana korupsi. Dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, Prof. Nur aktif melakukan penelitian terkait perkembangan dan implementasinya hukum pidana administratif, serta pengembalian aset dalam suatu tindak pidana korupsi.  

Prof. Nur pernah mengemban jabatan sebagai Kepala Laboratorium Pendidikan Hukum Klinik pada tahun 2010 hingga 2015. Ia juga pernah menjadi Pakar Hukum di Pemerintah Kota Surabaya.